top of page
Search
supersuryaled

Apa itu SCDM? Mengapa LED Strip punya macam macam harga?

SCDM (Standard Deviation Color Matching) atau biasa di sebut dengan "MacAdams Eclipse" merupakan sebuah metode untuk pengelompokkan warna sebuah pencahayaan buatan (artificial light).


Metode Sains ini diciptakan oleh Dr. David Macadam di tahun 1942 [MacAdam, D.L., Visual Sensitivities to Colour Differences in Daylight, J.Opt.Soc.Am. 32, 247 (1942)].


Dr. David membuat sebuah experiment berdasarkan observasi visual antara 2 cahaya yang mirip yang kemudian disebut sebagai JND (Just Noticeable Difference). Dengan kata lain, cahaya yang hampir serupa namun tidak sama.


Metode JND ini dibakukan dengan cara statistik; 50% orang yang sanggup membedakan warna dan 50% orang yang tidak sanggup membedakan warna. Dari seluruh jumlah orang yang ikut serta, dipetakan lah sebuah titik (koordinat) dalam grafik. Dan hasil pemetaan ini terbentuklah sebuah gambar eclipse. Sehingga disebutlah MacAdams Eclipse.


Grafik ini kemudian dikenal dengan CIE 1931.

(gambar diambil dari internet)



Dari Eclipse CIE 1931 ini, kita bisa mengukur kualitas sebuah LED.


Semakin sulit dibedakan warna sebuah LED, MacAdams step eclipse nilainya semakin kecil (1-st Step Macadams elicpse adalah warna yg serupa. sedangkan 5step MacAdams eclipse bisa dibedakan dengan mudah).


Berikut Ranking-ranking dari Macadams Eclipse / SCDM :




Di bawah angka 3, LED sudah merupakan kualitas baik.


Lalu mengapa ada harga LED yang tinggi dan harga led yang murah? Terutama dalam LED Strip yang biasa digunakan untuk di Drop Ceiling / Plafon sebagai Indirect Lighting.


Karena pemilihan bahan-bahan / material dalam LED tersebut. Salah satu komponen nya adalah kadar SCDM dalam LED Strip tersebut.


Untuk mendapatkan hasil cahaya LED yang seragam / satu warna (umumnya SCDM<2), diperlukan proses produksi LED chips dalam quantity yang besar.


Dari Quantity yang besar tersebut , dilakukan pemilahan / pemilihan warna yang se-identical- mungkin. Hal ini tentu nya memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Kemudian produksi led yang besar sebagian besar tidak terpakai demi menghasilkan led berkualitas ini. Biaya produksi tersebut ditambahkan ke dalam proses manufaktur ini sehingga membuat harga led menjadi tinggi.


Belum lagi ditambahkan dengan tembaga murni 8mm, kemudian 99.99% Gold Thread, dan komponen-komponen serta proses Quality Control lain nya demi menghasilkan LED yang stabil, awet dan satu warna. Sehingga membuatnya menjadi LED pilihan yang berkualitas tinggi.


Berikut contoh perbedaan antara SCDM <2 dan SCDM < 4 :




Kesimpulan :


Ada banyak jenis LED di pasar. Dari yang paling murah, hingga yang paling mahal. Konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual agar pemilihan led anda sesuai dengan yang anda inginkan.


Hubungi kami apabila perlu konsultasi






45 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page