top of page
Search
supersuryaled

Apa itu LM-80?

Apa itu LM-80?


Berita mengenai LED, terutama LED di pasaran, memiliki banyak kesimpang siuran mengenai Umur daripada produk LED. Seolah – olah semua bebas mengklaim umur daripada LED tersebut. Untuk membedakan, Di sinilah LM-80 berperan sebagai standard / acuan industri agar dapat membantu penilaian sebuah LED.


LM-80 adalah standard industri yang dapat membantu konsumen dalam mengevaluasi produk LED.

Silahkan simak mengapa LM-80 itu penting dan bagaimana data dari LM-80 dapat digunakan.


LM-80 mengacu pada standard metode untuk mengukur depresiasi lumen dari sebuah sumber cahaya LED yaitu LED Packages, Modules dan arrays. Sebelum LM-80 dipublikasikan dan dipatenkan, Setiap Manufaktur komponen LED melaporkan data lumen maintenance menurut sistem mereka sendiri.


Untuk membereskan masalah ini, IES (illuminating engineering society) bekerja sama untuk membuat standard metode acuan agar konsumen dapat menilai dan membandingkan lumen maintenance komponen LED dari berbagai perusahaan.


LM-80 dapat menjadi alat yang berguna bagi lighting professionals yang mencari cara menganalisa produk LED. Namun, LM-80 bukan lah metode untuk mengukur sistem LED. LM-80 hanya menjelaskan bagaimana mengukur performa satu bagian kecil dari LED Luminaire – yakni : Sumber cahaya LED – beroperasi dalam kurun waktu dan kondisi tertentu.


Komponen lain mencakup LED Optical system, drivers, heat sink dan luminaire housing juga perlu diperhitungkan untuk mengerti gambar besar dari umur (masa manfaat) sebuah produk LED. Namun tidak dibahas dalam artikel ini. LM-80 hanyalah salah satu komponen kritis dari sebuah gambar yang lebih besar.


LM-80 juga bukanlah sebuah ukuran dari umur sebuah komponen atau seluruh sistem lampu LED dan luminaires yang menggunakan komponen tersebut.

 

FUNGSI LM-80


Jadi apa yang LM-80 bisa lakukan untuk kita?


Walaupun LM-80 tidak menyediakan seluruh gambaran dari performa sebuah LED produk, LM-80 tetap memegang peranan penting. LM-80 dapat membantu seberapa cepat output cahaya yang dihasilkan oleh LED akan terdepresiasi sehingga dapat membantu menentukan masa manfaat produk di mana LED tersebut digunakan. LM-80 juga dapat memperlihatkan bagaimana hasil cahaya LED telah terdegradasi di bawah berbagai kondisi dan temperature dan titik cahaya telah bergeser pada kondisi tersebut. Pengukuran ini akan membantu menilai bagaimana komponen LED ini berperforma pada kondisi yang mirip.


LM-80 juga berguna bagi pihak manufaktur untuk memperoleh rating ENERGY STAR® pada produk mereka. Bahkan, di Amerika, hanya LED yang telah memperoleh rating LM-80 yang berhak mendapatkan rating ENERGY STAR®.



Ilustrasi Philips Lumileds LM-80 Test Report :



Secara singkat, LM-80 adalah standard metode acuan yang mendeskripsikan kondisi uji coba dan metode pengukuran untuk menentukan masa manfaat LED Package, array atau module.

  • Uji coba membutuhkan 6,000 jam observasi dengan data performa setiap 1,000 jam dan di dokumentasikan dalam laporan LM-80

  • Standard ini tidak menyebutkan kriteria lulus atau gagal

  • Standard ini tidak memprojeksikan pengumpulan data setelah 6,000 jam

Maka, Hasil test standard ini setelah 6,000 jam tidak terjamin akurat. Itulah mengapa TM-21 diperlukan. tapi LM-21 untuk artikel lain.



(Gambar diambil dari LITON, EEMA lighting Group)
















2 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page