top of page
Search
supersuryaled

Apa itu Junction Temperature?

Apa itu Junction Temperature?


Dalam Elektronik, Dikenal istilah Junction Temperature (Disingkat sebagai TJmax).


Biasanya TJmax ini dirinci di dalam sebuah Data sheet elektronik.


TJmax ini digunakan untuk menghitung keperluan pembuangan panas dalam sebuah komponen elektronik, yang kemudian digunakan agar bisa memilih heat sink yang sesuai.


Apabila LED dioperasikan melebihi temperatur yang di rekomendasikan oleh manufaktur, maka dapat mengurangi efisiensi dan output cahaya yang dihasilkan hingga terjadi kerusakan prematur.

 

LED merubah energi listrik menjadi cahaya dengan menggabungkan elekron – elektron dengan “lubang” (+) di tempat yang disebut dengan junction.


Ilustrasi:






(Disadur dari digikey.com)



Walaupun LED lebih efisien dalam mengolah energi listrik menjadi cahaya (65-75%), tetap akan ada panas yang dihasilkan , sehingga suhu LED Chips naik.

 

Tapi seberapa panas Junction temperature bisa naik?


Nilai maksimum Junction temperature dioperasikan pada tenaga tertentu ditentukan oleh 3 faktor : Ambient temperature, Thermal resistance antara LED junction dan sekelilingnya, dan tenaga yang diperlukan oleh LED Chips.


Ambient temperature adalah suhu ruangan di mana LED itu dioperasikan. Semakin rendah Ambient temperature akan menurunkan suhu Junction dan memperpanjang umur LED. Salah satu ruangan terbaik untuk memasang LED adalah di Chilled Food display cabinets.


Thermal resistance (Rth) diartikan sebagai nilai temperatur yang naik dari sebuah komponen per unit tenaga yang dihasilkan (°C/W). Baja biasanya memiliki thermal resistance yang rendah sehingga sangat efektif sebagai heat sinks, sebaliknya kayu dan plastic adalah konduktor panas yang buruk sehingga kurang efektif sebagai insulator. Itulah mengapa LED yang baik biasanya memiliki Heat sinks yang terbuat dari baja (lebih mahal harganya) ketimbang plastic (murah).


Tenaga yang dihasilkan oleh LED Chips adalah berupa Watt, Ampere.


















.



16 views0 comments

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page